Memancing Rezeki dengan Sedekah

Nabi ﷺ pernah berseru, “Istanzilu rizqa shadaqati. Hendaklah kalian mencari rezeki dengan bersedekah”. Sekilas, redaksi hadits ini sangat membingungkan. Bagaimana mungkin sedekah akan menambah rezeki. Bukankah dengan bersedekah uang kita menjadi hilang.

Bagaimana ini? Memang, kalau kita menggunakan logika matematika jumlahnya pasti berkurang. Akan tetapi, sedekah tidak bisa didekati seluruhnya dengan logika matematika atau logika kaum sekular. Ada logika iman di sana bahwa Allah Ta’ala akan melipatgandakan nilai sedekah seorang hamba.

Boleh jadi, ketika kita memberi, uang yang ada di dompet kita berkurang sejumlah nominal yang diberikan. Akan tetapi, pada saat memberi itu kita langsung mendapat balasan dari Allah berupa ketenangan jiwa, kebahagiaan, kelapangan, dan keberkahan.

Tidak lama kemudian, harta yang kita sedekahkan tersebut akan mengundang teman-temannya untuk “mendatangi” kita, bisa dalam bentuk harta yang sama, yaitu uang, bisa dalam bentuk kesembuhan dari penyakit, bisa dalam bentuk diselamatkannya kita dari kecelakaan dan bencana, dan lainnya.

Adapun puncaknya adalah terselamatkannya kita dari siksa neraka.

Sungguh, sangat mudah bagi Allah untuk melakukan apa-apa yang tidak terpikirkan oleh manusia. Semua ini terjadi karena Allah Ta’ala telah mengatur urusan rezeki dari semua makhluk-Nya sekecil apa pun.

Allah Ta’ala tidak akan salah dalam membagikan dan mendistribusikan rezeki sampai makhluk yang terkecil.

“Wa mâ min dzabbatin fil ard alâ rizquhâ. Dan tidak ada satu suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya.” (QS Hûd, 11: 6)

Ketika Allah Ta’ala memberikan kita rezeki, amat layak apabila kita mensyukuri nikmat tersebut. Salah satu bentuknya adalah berbagi dengan saudara-saudara kita yang sedang kesusahan dan sedang membutuhkan pertolongan.

Ketika kita mau bersyukur atas nikmat yang telah Allah Ta’ala berikan dengan cara berbagi, Dia pun akan berkenan menitipkan rezeki yang lebih banyak dan lebih berkah kepada kita.

Bukankah Allah Ta’ala telah berjanji untuk mengganti setiap harta yang dinafkahkan di jalan-Nya dengan sesuatu yang lebih baik (QS Saba’, 34:39)? Artinya, dengan bersedekah, kita tambah dipercaya oleh Allah Ta’ala.

Semakin banyak bersedekah, akan semakin bertambah pula kepercayaan yang Allah Ta’ala berikan kepada kita. Kepercayaan mana lagi yang lebih besar selain dipercaya oleh Zat Yang Mahabesar, Yang Mahakaya, dan Yang Mahakuasa?

Sesungguhnya, rezeki itu ada pintunya, dan pintu itu tidak akan terbuka kecuali dengan bersedekah.

Semakin sering bersedekah, semakin sering pula pintu itu terbuka. Semakin besar bersedekah, semakin lebar pula pintu itu akan terbuka. Inilah cara Allah Ta’ala dalam membalas kebaikan hamba-hamba-Nya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya

Ingin berlangganan Tausiyah Harian dari Team Tasdiqul Quran?

HUBUNGI CHAT WA : 0812.2367.9144

Informasi Program Kunjungi Situs Resmi Kami :
www.blog.dompetamal.com
www.dompetamal.com
www.tasdiqulquran.or.id

DAPAhttps://dompetamal.com
Dompet Amal Pecinta Al-Qur’an adalah sebuah Lembaga Filantropi islam yang menghimpun dan mendistribusikan dana zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF). Guna membangun kelompok masyarakat yang unggul dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi dan kesehatan melalui program Sahabat Dhuafa, Sahabat Dai, Sahabat Guru, Sahabat Petani, Sahabat Yatim Dhuafa, Sahabat Jompo, Sahabat Santri, Sahabat Pelajar dan Sahabat Difabel. Perjalanan dakwah dan syiar agama islam sejak pertama kali tahun 2015, kami telah menerima dan membagikan titipan wakaf Al-Qur’an dari para jamaah kepada pihak-pihak yang layak menerimanya, terutama pesantren, madrasah, sekolah umum, dan majelis ta’lim. Alhamdulillah ada tahun 2017 pada bulan Desember telah tersebar IQro sebanyak 3218 buku dan Mushaf Al-Qur’an sebanyak 18.204 eksemplar meliputi ; Al-Qur’an dengan terjemah, Al-Qur’an terjemah perkata dalam berbagai ukuran dan Mushaf Full Bahasa Arab, sedangkan pada tahun 2018 bulan desember tersebar Al-Qur'an sebanyak 7.225 eks dan Iqro sebanyak 150 buku. Kemudian pada tahun 2019 tersebar Al-Qur'an sebanyak 7.325 eks dan iqro sebanyak 327 buku. Alhamdulillah dari tahun 2017 hingga tahun 2022 telah tersebar 43.273 yang terdiri dari Al-Qur'an dan buku IQRO ke wilayah pulau jawa diantaranya daerah Jawa Barat, Gresik Jawa timur, Jabodetabek, Pekanbaru Riau, Aceh, Lampung, Banten, Palu, Papua, Banjarmasin, Pontianak, NTT, Bangka Belitung, Lombok, Ambon, dan Bali. Barang yang diwakafkan disalurkan hampir sebanyak 530 lembaga diantaranya ke pesantren, majelis ta'lim, madrasah, TPA dan sekolah umum. “VISI” : “Menjadi Lembaga Amil Penebar Beasiswa Terpercaya dan Terbesar di indonesia untuk membangun Generasi yang Unggul” "MISI" : •Mengelola manajemen zakat, infak, sedekah dan wakaf yang sesuai prinsip syariah dan peraturan negara •Mengembangkan program Dakwah dan Sosial untuk Ummat •Memberdayakan Mustahik dalam bidang Ekonomi •Membangun generasi beasiswayang Unggul MOTTO : "Sahabat Anda dalam Berbagi"

Selamat datang, di website kami. Silahkan Tinggalkan Pesan...

Advertismentspot_img
Advertismentspot_img
Advertismentspot_img
Advertismentspot_img

Blog Terbaru

Bolehkah Berqurban 1 Kambing untuk Satu Keluarga?

Jumhur ulama menghukumi kurban sebagai ibadah sunnah mu'akadah. Dan, ada dua jenis kesunahan dalam ibadah kurban, yaitu sunnah kifayah an sunnah 'ainiyah. Berkurban satu kambing...

Udhiyah, Kenalkah Anda dengan Istilah Ini?

Tahukah Anda bahwa dalam bahasa Arab, hewan yang dikurbankan, baik itu dari jenis unta, sapi, domba atau kambing, sebagai pendekatan diri kepada Allah dinamakan...

Siap-Siap Ibadah Qurban Segera Datang!

Setelah Ramadhan, terbitlah Syawal. Setelah Syawal, datanglah dua bulan haram Zulqi'dah dan Zulhijjah. Ini artinya, idul kurban tinggal dua bulan lagi. Yuk kita bersiap untuk...

SUDAHKAH ANDA SEDEKAH HARI INI?

"Sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah Ilahi"
(HR Thabrani dan Ibnu Asakir)
Nanti Saja
close-link