Mengapa Sedekah Terasa Berat, Susah dan Tampak Tak Enak ?

Mengapa sedekah terasa susah? Mengapa infak bawaannya berat? Padahal, untuk hobi, gaya hidup, dan kesenangan, orang sangat mudah mengeluarkan hartanya? Jawabannya terungkap dalam surat Al-Baqarah ayat 268. Allah Ta’ala berfirman:

ٱلشَّيْطَٰنُ يَعِدُكُمُ ٱلْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُم بِٱلْفَحْشَآءِ ۖ وَٱللَّهُ يَعِدُكُم مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

“Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan, sedangkan Allah menjanjikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Mahaluas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa makna ayat “setan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan” maksudnya adalah setan menakut-nakuti manusia dengan kefakiran atau kekurangan sehingga mereka menahan diri dari menginfakkan harta di jalan Allah.

Pada saat bersamaan, menurut Syaikh Dr. Sulaiman Al-Asyqar, setelah mengajak manusia melakukan kebakhilan dalam menjalankan ketaatan, setan menyuruh manusia mengeluarkan harta untuk maksiat.

Adapun yang dimaksud dengan perbuatan jahat (dalam ayat ini) menurut pandangan orang Arab adalah bakhil atau kikir, karena besarnya keburukan dari sifat bakhil bagi mereka.

Ada fakta menarik yang diungkapkan Imam Hasan Al-Bashri. Menurut beliau tidak kurang dari 90 ayat dalam Al-Quran yang menegaskan bahwa Allah Ta’ala telah menetapkan kadar rezeki, jaminan bagi hamba-Nya, dan balasan terbaik bagi orang yang berinfak.

Dan, hanya pada satu ayat, Allah menyebutkan “ancaman” setan bagi orang yang berinfaq. Ayat tersebut adalah Al-Baqarah ayat 268 ini.

Maka, dari sini kita dapat bercermin diri: manakah yang paling sering kita perturutkan, bisikan setan agar kita menahan diri dari berinfaq fii sabilillah ataukah mengejar kepastian janji Allah dengan banyak bersedekah, yaitu hadirnya al-maghfirah dan al-fadhlu?

Makna (المغفرة) adalah penutupan dari Allah Ta’ala untuk hamba-Nya atas segala dosa yang pernah dilakukannya (sehingga dosanya Allah tutupi) baik saat di dunia maupun di akhirat kelak.

Adapun (الفضل) adalah Allah Ta’ala akan memberi ganti bagi orang yang bersedekah dengan sesuatu yang lebih baik dari apa yang disedekahkannya, yaitu berupa kelapangan rezeki dan memberi kenikmatan di akhirat dengan apa yang lebih baik, lebih banyak, lebih besar, dan lebih indah.

* Disarikan dari Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir Al-Imam Asy-Syaukani, karya Dr. Muhammad Sulaiman Al-Asyqar (dalam TafsirWeb), dan lainnya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya

Ingin berlangganan Tausiyah Harian dari Team Tasdiqul Quran?

HUBUNGI CHAT WA : 0812.2367.9144

Informasi Program Kunjungi Situs Resmi Kami :
www.dompetamal.com
www.blog.dompetamal.com
www.news.dompetamal.com
www.tasdiqulquran.or.id

DAPAhttps://dompetamal.com
Dompet Amal Pecinta Al-Qur’an adalah sebuah Lembaga Filantropi islam yang menghimpun dan mendistribusikan dana zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF). Guna membangun kelompok masyarakat yang unggul dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi dan kesehatan melalui program Sahabat Dhuafa, Sahabat Dai, Sahabat Guru, Sahabat Petani, Sahabat Yatim Dhuafa, Sahabat Jompo, Sahabat Santri, Sahabat Pelajar dan Sahabat Difabel. Perjalanan dakwah dan syiar agama islam sejak pertama kali tahun 2015, kami telah menerima dan membagikan titipan wakaf Al-Qur’an dari para jamaah kepada pihak-pihak yang layak menerimanya, terutama pesantren, madrasah, sekolah umum, dan majelis ta’lim. Alhamdulillah ada tahun 2017 pada bulan Desember telah tersebar IQro sebanyak 3218 buku dan Mushaf Al-Qur’an sebanyak 18.204 eksemplar meliputi ; Al-Qur’an dengan terjemah, Al-Qur’an terjemah perkata dalam berbagai ukuran dan Mushaf Full Bahasa Arab, sedangkan pada tahun 2018 bulan desember tersebar Al-Qur'an sebanyak 7.225 eks dan Iqro sebanyak 150 buku. Kemudian pada tahun 2019 tersebar Al-Qur'an sebanyak 7.325 eks dan iqro sebanyak 327 buku. Alhamdulillah dari tahun 2017 hingga tahun 2022 telah tersebar 43.273 yang terdiri dari Al-Qur'an dan buku IQRO ke wilayah pulau jawa diantaranya daerah Jawa Barat, Gresik Jawa timur, Jabodetabek, Pekanbaru Riau, Aceh, Lampung, Banten, Palu, Papua, Banjarmasin, Pontianak, NTT, Bangka Belitung, Lombok, Ambon, dan Bali. Barang yang diwakafkan disalurkan hampir sebanyak 530 lembaga diantaranya ke pesantren, majelis ta'lim, madrasah, TPA dan sekolah umum. “VISI” : “Menjadi Lembaga Amil Penebar Beasiswa Terpercaya dan Terbesar di indonesia untuk membangun Generasi yang Unggul” "MISI" : •Mengelola manajemen zakat, infak, sedekah dan wakaf yang sesuai prinsip syariah dan peraturan negara •Mengembangkan program Dakwah dan Sosial untuk Ummat •Memberdayakan Mustahik dalam bidang Ekonomi •Membangun generasi beasiswayang Unggul MOTTO : "Sahabat Anda dalam Berbagi"

Selamat datang, di website kami. Silahkan Tinggalkan Pesan...

Advertismentspot_img
Advertismentspot_img
Advertismentspot_img
Advertismentspot_img

Blog Terbaru

Mereka yang Didoakan 75.000 Malaikat!

Jangan sepelekan usaha seseorang dalam memenuhi kebutuhan saudaranya, meringankan beban kehidupannya, atau memenuhi kebutuhan sesamanya, sesungguhnya amalan ini sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya. Karena Allah...

Infaknya Orang Kaya Hati

Tidak semua orang kaya harta suka sedekah. Namun, siapa yang kaya hati, kaya iman, dan kaya pengharapan kepada Allah, dia pasti senang berbagi, suka...

Biar Kere Tapi Sedekah Jalan Terus!

Seminim apapun penghasilan kita, entah harian, pekanan, atau penghasilan bulanan, jangan pernah hilangkan pos infaq darinya. Boleh jadi, keistiqamahan kita dalam bersedekah menjadi wasilah senantiasa...

SUDAHKAH ANDA SEDEKAH HARI INI?

"Sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah Ilahi"
(HR Thabrani dan Ibnu Asakir)
Nanti Saja
close-link