Jihad Bil Maal

Jihad fi sabilillâh adalah sebaik-baik amal. Adapun berperang di jalan Allah demi membela dan menegakkan agama-Nya adalah puncak daripadanya. Pahalanya sangat dahsyat. Pelakunya diberi aneka keistimewaan yang berpuncak pada didapatkannya surga tertinggi, yaitu Janntul Firdaus.

Namun demikian, tidak setiap orang memiliki kesempatan untuk menunaikannya. Berperang di jalan Allah pun hanya tertentu waktunya. Bahkan, bagi orang-oran di sebagian besar negeri Muslim, pintu berperang di jalan Allah tidak pernah mereka dapatkan selama hidupnya.

Maka, Allah siapkan jihad dalam bentuk lain yang pahalanya bisa menyamai pahala berperang di jalan Allah. Satu di antaranya adalah berjihad dengan harta untuk memuliakan dan menegakkan agama-Nya.

Dan istimewanya lagi, jihad jenis ini bisa dilakukan nyaris setiap hari, kapan pun dan di mana pun. Siapa melakukannya niscaya Allah akan meninggikan derajatnya di surga.

Adapun di antara bentuknya adalah: Pertama, membayar zakat (QS Al-Anfâl, 8:2-4; HR Al-Bukhari, No. 4565 dan lainnya). Kedua, membelanjakan harta untuk menyambung tali persaudaraan dan kebaikan (HR Ahmad, Fathur Rabbani, 19:191 dan At-Tirmidzi, No. 1894).

Ketiga, membekali orang yang berjihad di jalan Allah, termasuk menanggung biaya hidup keluarganya (HR Al-Bukhari, No. 2843 dan Muslim, No. 1895 dan lainnya)

Ingin berlangganan Tausiyah Harian dari Team Tasdiqul Quran?

HUBUNGI CHAT WA : 0812.2367.9144

Semoga informasi ini bermanfaat ya

#zakat #wakaf #infaq #donasi #sedekah #berbagi #muslim #muslimah #palestina #dakwah #kajian #bandung #alquran #tauhid #islam #tasdiqulquran #dapa #pesantren #wakafmesjid #zakatoptimal #buatmerekatersenyum #wakafpesantren #wakafquran #kajianonline #wakafmesjid #amaljariyah #hafalquran #instagram #sinergi4solidarity #humanity #karenaberbagiitukeren

Berita sebelumyaHarta Karun Di Pagi Hari
Berita berikutnyaIngin Disenangkan Allah?
DAPA
DAPA Sahabat Anda dalam Berbagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Advertismentspot_img

Mungkin Anda Suka

Advertismentspot_img

Artikel Terbaru

Bahagiakan Ibunda Kita

Sebagai orangtua, kita pasti senang saat dapat kiriman dari anak-anak kita walau kita punya uang dan tak kekurangan makanan. Iya kan? Mengapa senang? Bukan pada...

3 Amalan Terberat

Tidak mudah tetap bersedekah saat tengah susah. Amat sulit berbagi duit saat sedang pailit. Namun, di sinilah seninya! Siapa mampu melakukannya secara istiqamah, anugerah...

Ahli Sedekah = Sosok yang bahagia hidupnya

Apa yang kita rasakan saat sedang bete, badmood, kesal, atau emosi negatif lainnya? Kita akan sulit berbuat kebaikan! Iya kan? Jangankan berbagi materi (semisal uang,...

Ingin tetap up to date dengan Artikel terbaru?

Daftar segera informasi Newsletter, dan informasi program lainnya setiap hari Selasa dan Jumat

SUDAHKAH ANDA SEDEKAH HARI INI?

"Sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah Ilahi"
(HR Thabrani dan Ibnu Asakir)
Nanti Saja
close-link