Ketika Allah Ta’ala Memuliakan Orang-orang Dermawan

Rasulullah ﷺ bersabda, “Orang dermawan (as-sakhi) itu dekat dengan Allah, dekat dengan surga, dekat dengan manusia, dan jauh dari neraka.

Adapun orang pelit (al-bakhil) jauh dari Allah, jauh dari surga, jauh dari manusia, dan dekat dengan neraka.

Sesungguhnya orang bodoh yang dermawan lebih dicintai Allah Azza wa Jalla daripada ahli ibadah yang pelit.” (HR At-Tirmidzi)

•┈•••

Jangan sepelekan sifat dermawan. Sesungguhnya, Allah Ta’ala menyandingkan kedermawanan dengan ketakwaan dan pembenaran akan balasan terbaik, yaitu surga.

“Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa, dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga), maka Kami akan menyiapkan baginya jalan yang mudah.” (QS Al-Lail, 92:5-7)

Dalam ayat ini tidak disebutkan apa yang diberikan serta banyak atau sedikitnya yang diberikan. Karena, yang lebih penting adalah hadirnya jiwa kedermawanan yang menjadikan seseorang terbebas dari sifat kikir yang diperturutkan.

Ketika hati seseorang telah dipenuhi kedermawanan, kebaikan akan menaunginya. Allah Ta’ala akan menyayanginya. Malaikat memohonkan doa untuknya. Manusia jatuh hati kepadanya. Bahkan, hewan-hewan ikut pula menyayanginya.

•┈•••

Mengapa Allah Ta’ala begitu mencintai Ibrahim Al-Khalil? Satu di antaranya adalah karena beliau sangat gemar menjamu tamu. Beliau tidak akan makan kecuali mengajak orang lain untuk membersamainya.

Itulah mengapa, mengutip perkataan Al-Ustadz Ahmad Syahrin Thoriq, Lc. di antara sebab terlindungnya jasad Ibrahim dari panasnya api saat dibakar adalah karena kebiasaannya menaungi orang miskin dari panasnya lapar dan sengatan terik matahari.

Maka, Al-Manshur mengatakan bahwa kedermawanan merupakan amal yang paling agung. Karena itu, dia menjadi ciri akhlaknya para nabi.

Disebutkan pula, “Dunia dan akhirat adalah miliknya orang dermawan. Maka, jadilah orang dermawan, niscaya engkau akan mendapatkan keduanya.” (Siyasat Namah, Syed Ragheeb Husain)

•┈•••

Mengapa Allah Ta’ala mengabadikan nama Imam Syamsuddin bin Al-Munir Al-Ba’li Asy-Syafi’i di dalam hati manusia, terkhusus yang hidup sezaman dengannya?

Terkait Ibnu Munir, Najmuddin Al-Ghazi menceritakan salah satu kebiasaan sang imam.

Dalam kesehariannya, Ibnu Munir kerap menjaga tokonya di Ba’labak. Setiap hari dia menyisihkan sejumlah uang, baik itu dinar, dirham maupun uang recehan, dari keuntungan jualannya. Uang-uang ini kemudian dia masukkan ke dalam dedaunan yang dilipat.

Daun-daun ini disimpan di sebuah wadah di dekat tempat duduknya. Jika ada fakir miskin lewat dan berhenti di depan tokonya, dia akan memberikan daun-daun itu sekenanya. Dia tidak melihat daun yang diambil dan tidak pula melihat orang miskin yang diberi. (Kawākib Al-Sā’irah) *

Semoga informasi ini bermanfaat ya

Ingin berlangganan Tausiyah Harian dari Team Tasdiqul Quran?

HUBUNGI CHAT WA : 0812.2367.9144

Informasi Program Kunjungi Situs Resmi Kami :
www.dompetamal.com
www.blog.dompetamal.com no
www.news.dompetamal.com
www.tasdiqulquran.or.id

DAPAhttps://dompetamal.com
Dompet Amal Pecinta Al-Qur’an adalah sebuah Lembaga Filantropi islam yang menghimpun dan mendistribusikan dana zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF). Guna membangun kelompok masyarakat yang unggul dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi dan kesehatan melalui program Sahabat Dhuafa, Sahabat Dai, Sahabat Guru, Sahabat Petani, Sahabat Yatim Dhuafa, Sahabat Jompo, Sahabat Santri, Sahabat Pelajar dan Sahabat Difabel. Perjalanan dakwah dan syiar agama islam sejak pertama kali tahun 2015, kami telah menerima dan membagikan titipan wakaf Al-Qur’an dari para jamaah kepada pihak-pihak yang layak menerimanya, terutama pesantren, madrasah, sekolah umum, dan majelis ta’lim. Alhamdulillah ada tahun 2017 pada bulan Desember telah tersebar IQro sebanyak 3218 buku dan Mushaf Al-Qur’an sebanyak 18.204 eksemplar meliputi ; Al-Qur’an dengan terjemah, Al-Qur’an terjemah perkata dalam berbagai ukuran dan Mushaf Full Bahasa Arab, sedangkan pada tahun 2018 bulan desember tersebar Al-Qur'an sebanyak 7.225 eks dan Iqro sebanyak 150 buku. Kemudian pada tahun 2019 tersebar Al-Qur'an sebanyak 7.325 eks dan iqro sebanyak 327 buku. Alhamdulillah dari tahun 2017 hingga tahun 2022 telah tersebar 43.273 yang terdiri dari Al-Qur'an dan buku IQRO ke wilayah pulau jawa diantaranya daerah Jawa Barat, Gresik Jawa timur, Jabodetabek, Pekanbaru Riau, Aceh, Lampung, Banten, Palu, Papua, Banjarmasin, Pontianak, NTT, Bangka Belitung, Lombok, Ambon, dan Bali. Barang yang diwakafkan disalurkan hampir sebanyak 530 lembaga diantaranya ke pesantren, majelis ta'lim, madrasah, TPA dan sekolah umum. “VISI” : “Menjadi Lembaga Amil Penebar Beasiswa Terpercaya dan Terbesar di indonesia untuk membangun Generasi yang Unggul” "MISI" : •Mengelola manajemen zakat, infak, sedekah dan wakaf yang sesuai prinsip syariah dan peraturan negara •Mengembangkan program Dakwah dan Sosial untuk Ummat •Memberdayakan Mustahik dalam bidang Ekonomi •Membangun generasi beasiswayang Unggul MOTTO : "Sahabat Anda dalam Berbagi"

Selamat datang, di website kami. Silahkan Tinggalkan Pesan...

Advertismentspot_img
Advertismentspot_img
Advertismentspot_img
Advertismentspot_img

Blog Terbaru

Kode Unik dalam Kata Haji (Hajj)

Ada banyak ibadah yang apabila dilakukan dengan serius dia bisa menggugurkan tumpukan dosa. Dan, dari semua ibadah, ada satu yang paling dahsyat efeknya terhadap...

Ketika Allah Ta’ala Menyeru Hamba-Nya untuk Berhaji

Apakah kita sudah mendapat undangan dari Allah Ta'ala untuk berhaji? Ternyata sudah! Jauh-jauh hari Allah Ta'ala telah mengundang segenap hamba-Nya untuk mendatangi Baitullah. Undangan ini...

Semua Doa Tertuju Untukmu Palestina

Kita tidak tahu sampai kapan warga Palestina akan terbebas dari genosida, terbebas dari ketakutan, teror dan perlakukan buruk Zionis. Yang bisa kita lakukan adalah...

SUDAHKAH ANDA SEDEKAH HARI INI?

"Sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah Ilahi"
(HR Thabrani dan Ibnu Asakir)
Nanti Saja
close-link