Tiga Amal Penyelamat dan Pengundang Kebaikan

Ada sejumlah amal yang dapat mendatangkan aneka kebaikan bagi seorang hamba, di dunia dan terlebih lagi di akhirat. Tiga di antaranya adalah menyambung tali silaturahim, mengurus anak yatim, dan memberi makan fakir miskin.

Dalam sebuah keterangan, sahabat Anas bin Malik ra. mengatakan bahwa ada tiga macam orang yang akan berada di bawah naungan ‘Arasy Allah Ta’ala pada hari Kiamat.

Pertama, orang yang menyambungkan tali silaturahim. Orang ini akan dipanjangkan umurnya dan diluaskan rezekinya oleh Allah Ta’ala.

Hal ini sesuai dengan apa yang disabdakan oleh Nabi ﷺ bahwa:

صنائع المعروف تقي مصارع السوء وصدقة السر تطفئ غضب الرب وصلة الرحم تزيد في العمر

“Perbuatan baik dapat menghindarkan aneka penyebab kesialan, sedekah secara sembunyi-sembunyi dapat meredam kemurkaan Tuhanmu dan menyambung tali silaturahim dapat menambah (memanjangkan) umur.” (HR Ath-Thabrani)

Kedua, seorang istri yang ditinggal mati suaminya dan dibebani anak yatim. Kemudian, dia mengurus anak-anaknya itu dengan baik sampai dia sendiri (si istri) meninggal dunia. Sehingga, Allah Ta’ala akan mencukupi (kebutuhan) mereka semua (anak-anak yang ditinggalkannya).

Sesungguhnya, (secara umum) mengurus atau menyantuni anak yatim termasuk amalan pengundang berkah dan penuntas hajat. Nabi ﷺ bersabda:

أَتُحِبُّ أَنْ يَلِيْنَ قَلْبُكَ وَتُدْرِكَ حَاجَتُكَ اِرْحَمِ اليَتِيْمَ وَامْسَحْ رَأْسَهُ وَأَطْعِمْهُ مِنْ طَعَامِكَ يَلِنُ قَلْبُكَ وَتُدْرِكُ حَاجَتُكَ

“Apakah engkau suka hatimu menjadi lembut dan kamu mendapatkan hajatmu (keperluanmu)? Rahmatilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berikanlah makan kepadanya dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lembut dan niscaya kamu akan mendapatkan hajatmu.” (HR Abdurrazaq, dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib)

Ketiga, orang yang menyiapkan (mencukupi) makanan untuk anak yatim dan fakir miskin (kaum dhuafa).

Hal ini sebagaimana satu dari tujuh hal yang diwasiatkan Nabi ﷺ kepada Abu Dzar Al-Ghiffari ra.

أَوْصَانِيْ خَلِيْلِي بِسَبْعٍ : بِحُبِّ الْمَسَاكِيْنِ وَأَنْ أَدْنُوَ مِنْهُمْ

“Kekasihku (Rasulullah ﷺ) berwasiat kepadaku dengan tujuh hal. (Yang pertama adalah) agar aku mencintai orang-orang miskin dan dekat dengan mereka …”

Ini pula yang beliau ﷺ wasiatkan kepada Bunda ‘Aisyah ra.

يَا عَائِشَةُ لاَ تَرُدِّى الْمِسْكِينَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ يَا عَائِشَةُ أَحِبِّى الْمَسَاكِينَ وَقَرِّبِيهِمْ فَإِنَّ اللَّهَ يُقَرِّبُكِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Wahai ‘Aisyah, janganlah engkau menolak orang miskin walau dengan sebelah kurma. Wahai ‘Aisyah, cintailah orang miskin dan dekatlah dengan mereka karena Allah akan dekat dengan-Mu pada Hari Kiamat.” (HR At-Tirmidzi)

* Disarikan dari penjelasan Syaikh Abdul Hamid Al-Anqurî dalam Munyah Al-Wâ’izhîn (Nasihat Langit untuk Maslahat Bumi) dan lainnya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya

Ingin berlangganan Tausiyah Harian dari Team Tasdiqul Quran?

HUBUNGI CHAT WA : 0812.2367.9144

Informasi Program Kunjungi Situs Resmi Kami :
www.dompetamal.com
www.blog.dompetamal.com
www.news.dompetamal.com
www.tasdiqulquran.or.id

DAPAhttps://dompetamal.com
Dompet Amal Pecinta Al-Qur’an adalah sebuah Lembaga Filantropi islam yang menghimpun dan mendistribusikan dana zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF). Guna membangun kelompok masyarakat yang unggul dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi dan kesehatan melalui program Sahabat Dhuafa, Sahabat Dai, Sahabat Guru, Sahabat Petani, Sahabat Yatim Dhuafa, Sahabat Jompo, Sahabat Santri, Sahabat Pelajar dan Sahabat Difabel. Perjalanan dakwah dan syiar agama islam sejak pertama kali tahun 2015, kami telah menerima dan membagikan titipan wakaf Al-Qur’an dari para jamaah kepada pihak-pihak yang layak menerimanya, terutama pesantren, madrasah, sekolah umum, dan majelis ta’lim. Alhamdulillah ada tahun 2017 pada bulan Desember telah tersebar IQro sebanyak 3218 buku dan Mushaf Al-Qur’an sebanyak 18.204 eksemplar meliputi ; Al-Qur’an dengan terjemah, Al-Qur’an terjemah perkata dalam berbagai ukuran dan Mushaf Full Bahasa Arab, sedangkan pada tahun 2018 bulan desember tersebar Al-Qur'an sebanyak 7.225 eks dan Iqro sebanyak 150 buku. Kemudian pada tahun 2019 tersebar Al-Qur'an sebanyak 7.325 eks dan iqro sebanyak 327 buku. Alhamdulillah dari tahun 2017 hingga tahun 2022 telah tersebar 43.273 yang terdiri dari Al-Qur'an dan buku IQRO ke wilayah pulau jawa diantaranya daerah Jawa Barat, Gresik Jawa timur, Jabodetabek, Pekanbaru Riau, Aceh, Lampung, Banten, Palu, Papua, Banjarmasin, Pontianak, NTT, Bangka Belitung, Lombok, Ambon, dan Bali. Barang yang diwakafkan disalurkan hampir sebanyak 530 lembaga diantaranya ke pesantren, majelis ta'lim, madrasah, TPA dan sekolah umum. “VISI” : “Menjadi Lembaga Amil Penebar Beasiswa Terpercaya dan Terbesar di indonesia untuk membangun Generasi yang Unggul” "MISI" : •Mengelola manajemen zakat, infak, sedekah dan wakaf yang sesuai prinsip syariah dan peraturan negara •Mengembangkan program Dakwah dan Sosial untuk Ummat •Memberdayakan Mustahik dalam bidang Ekonomi •Membangun generasi beasiswayang Unggul MOTTO : "Sahabat Anda dalam Berbagi"

Selamat datang, di website kami. Silahkan Tinggalkan Pesan...

Advertismentspot_img
Advertismentspot_img
Advertismentspot_img
Advertismentspot_img

Blog Terbaru

Kode Unik dalam Kata Haji (Hajj)

Ada banyak ibadah yang apabila dilakukan dengan serius dia bisa menggugurkan tumpukan dosa. Dan, dari semua ibadah, ada satu yang paling dahsyat efeknya terhadap...

Ketika Allah Ta’ala Menyeru Hamba-Nya untuk Berhaji

Apakah kita sudah mendapat undangan dari Allah Ta'ala untuk berhaji? Ternyata sudah! Jauh-jauh hari Allah Ta'ala telah mengundang segenap hamba-Nya untuk mendatangi Baitullah. Undangan ini...

Semua Doa Tertuju Untukmu Palestina

Kita tidak tahu sampai kapan warga Palestina akan terbebas dari genosida, terbebas dari ketakutan, teror dan perlakukan buruk Zionis. Yang bisa kita lakukan adalah...

SUDAHKAH ANDA SEDEKAH HARI INI?

"Sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah Ilahi"
(HR Thabrani dan Ibnu Asakir)
Nanti Saja
close-link