Manis dan Lezatnya Buah dari Kedermawanan

Andaikan ada investasi paling menguntungkan di dunia, sedekahlah jawabannya. Bagaimana tidak menguntungkan, dengan bersedekah keuntungan yang didapatkan akan berlipat-lipat tanpa pernah ada kata rugi.

Sesungguhnya, sedekah adalah penolak bala, penyubur pahala, mengekalkan harta, dan pelipat ganda rezeki. Dia bagaikan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir. Yang mana, pada setiap butir itu terjurai seratus biji. Artinya, Allah Ta’ala akan membalas sedekah sampai tujuh ratus kali lipat.

Bahkan, menurut Imam Asy-Syafi’i, sedekah sebagai buah dari kedermawanan adalah cara terbaik untuk menutupi aib diri. “Tutupilah aibmu dengan kedermawanan. Karena mereka berkata, setiap kelemahan akan tertutup dengan dermawan,” demikian beliau menasihatkan.

Terkait keutamaan infak, sedekah dan kedermawanan, ada banyak hadits dan nasihat ulama yang layak untuk kita jadikan sebagai pemotivasi diri. Beberapa di antaranya adalah:

Ketika Allah Ta’ala berkehendak untuk menolong dan memuliakan seorang hamba, Dia akan membimbing hamba tersebut untuk menghiasi dirinya dengan beragam amal yang dicintai-Nya. Salah satunya adalah gemar bersedekah.

Jabir bin Abdillah ra. mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ berkhutbah di hadapan para sahabat. Dan, di antara perkataan beliau adalah:

“Wahai manusia, bertobatlah kepada Allah sebelum kalian mati, bersegeralah beramal saleh sebelum kalian sibuk, dan sambunglah antara kalian dan Rabb kalian dengan memperbanyak zikir kepada-Nya.

Perbanyaklah sedekah, baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan. Niscaya kalian akan diberi rezeki, ditolong, dan dicukupi.” (HR Ibnu Majah)

Syeikh Mutawalli Ay-Sya’rawi menyebutkan bahwa sedekah termasuk salah satu amal yang sangat cepat mendatangkan kebaikan sekaligus melipat gandakannya. Beliau berkata:

“Setiap kali sedekah bertambah, rezeki akan bertambah. Setiap kali kekhusyukan dalam shalat bertambah, kebahagiaan ikut bertambah. Dan, setiap kali rasa serta sikap bakti pada kedua orangtua bertambah, hidayah taufiq dalam hidupmu pun bertambah.”

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah mengatakan pula tentang dahsyatnya efek sedekah dan kedermawanan, “Ada empat perkara yang mencerahkan wajah dan membuatnya semakin elok, yaitu menjaga kehormatan, bersikap amanah, berlaku dermawan, dan (menetapi) ketakwaan.” (Zâdul Ma’ad, 2/216)

Sejatinya, siapa pun yang berlaku dermawan, senang berbagi, gemar memberi, dan tidak kikir kepada sesamanya, baik dia kafir, Muslim, atau orang fasik, dia tetap akan mendapatkan balasan setimpal dari Allah.

Ada perkataan dari Imam Ibnul Qayyim bahwa, “Sedekah memiliki khasiat yang kuat menolak berbagai macam bala’ (termasuk penyakit). Bahkan, sekalipun itu dari ahli maksiat, orang zalim, bahkan orang kafir sekalipun, melalui sedekah yang mereka lakukan Allah angkat bala’.

Khasiat sedekah seperti ini disaksikan oleh banyak orang, baik kalangan berilmu atau orang awam. Bahkan, penduduk bumi pun mengakuinya karena mereka telah merasakan manfaatnya.” (Jami’ Al-Fiqh, 3/7)

Karena besarnya keutamaan sedekah, seseorang layak untuk bersegera menunaikannya manakala kesempatan dan kemampuan telah Allah Ta’ala hadirkan untuknya. Mengapa demikian?

Al-Imam Sufyan Ats-Tsauri rahimahullah menyatakan, “Jika engkau telah bertekad untuk melakukan sedekah, kebaikan atau suatu amal saleh, bersegeralah untuk melakukannya sebelum setan menghalangimu dari amalan tersebut.” (Hilyatul Auliyâ’, 7/61)

Semoga informasi ini bermanfaat ya

Ingin berlangganan Tausiyah Harian dari Team Tasdiqul Quran?

HUBUNGI CHAT WA : 0812.2367.9144

Informasi Program Kunjungi Situs Resmi Kami :
www.dompetamal.com
www.blog.dompetamal.com
www.news.dompetamal.com
www.tasdiqulquran.or.id

DAPAhttps://dompetamal.com
Dompet Amal Pecinta Al-Qur’an adalah sebuah Lembaga Filantropi islam yang menghimpun dan mendistribusikan dana zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF). Guna membangun kelompok masyarakat yang unggul dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi dan kesehatan melalui program Sahabat Dhuafa, Sahabat Dai, Sahabat Guru, Sahabat Petani, Sahabat Yatim Dhuafa, Sahabat Jompo, Sahabat Santri, Sahabat Pelajar dan Sahabat Difabel. Perjalanan dakwah dan syiar agama islam sejak pertama kali tahun 2015, kami telah menerima dan membagikan titipan wakaf Al-Qur’an dari para jamaah kepada pihak-pihak yang layak menerimanya, terutama pesantren, madrasah, sekolah umum, dan majelis ta’lim. Alhamdulillah ada tahun 2017 pada bulan Desember telah tersebar IQro sebanyak 3218 buku dan Mushaf Al-Qur’an sebanyak 18.204 eksemplar meliputi ; Al-Qur’an dengan terjemah, Al-Qur’an terjemah perkata dalam berbagai ukuran dan Mushaf Full Bahasa Arab, sedangkan pada tahun 2018 bulan desember tersebar Al-Qur'an sebanyak 7.225 eks dan Iqro sebanyak 150 buku. Kemudian pada tahun 2019 tersebar Al-Qur'an sebanyak 7.325 eks dan iqro sebanyak 327 buku. Alhamdulillah dari tahun 2017 hingga tahun 2022 telah tersebar 43.273 yang terdiri dari Al-Qur'an dan buku IQRO ke wilayah pulau jawa diantaranya daerah Jawa Barat, Gresik Jawa timur, Jabodetabek, Pekanbaru Riau, Aceh, Lampung, Banten, Palu, Papua, Banjarmasin, Pontianak, NTT, Bangka Belitung, Lombok, Ambon, dan Bali. Barang yang diwakafkan disalurkan hampir sebanyak 530 lembaga diantaranya ke pesantren, majelis ta'lim, madrasah, TPA dan sekolah umum. “VISI” : “Menjadi Lembaga Amil Penebar Beasiswa Terpercaya dan Terbesar di indonesia untuk membangun Generasi yang Unggul” "MISI" : •Mengelola manajemen zakat, infak, sedekah dan wakaf yang sesuai prinsip syariah dan peraturan negara •Mengembangkan program Dakwah dan Sosial untuk Ummat •Memberdayakan Mustahik dalam bidang Ekonomi •Membangun generasi beasiswayang Unggul MOTTO : "Sahabat Anda dalam Berbagi"

Selamat datang, di website kami. Silahkan Tinggalkan Pesan...

Advertismentspot_img
Advertismentspot_img
Advertismentspot_img
Advertismentspot_img

Blog Terbaru

Mereka yang Didoakan 75.000 Malaikat!

Jangan sepelekan usaha seseorang dalam memenuhi kebutuhan saudaranya, meringankan beban kehidupannya, atau memenuhi kebutuhan sesamanya, sesungguhnya amalan ini sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya. Karena Allah...

Infaknya Orang Kaya Hati

Tidak semua orang kaya harta suka sedekah. Namun, siapa yang kaya hati, kaya iman, dan kaya pengharapan kepada Allah, dia pasti senang berbagi, suka...

Biar Kere Tapi Sedekah Jalan Terus!

Seminim apapun penghasilan kita, entah harian, pekanan, atau penghasilan bulanan, jangan pernah hilangkan pos infaq darinya. Boleh jadi, keistiqamahan kita dalam bersedekah menjadi wasilah senantiasa...

SUDAHKAH ANDA SEDEKAH HARI INI?

"Sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah Ilahi"
(HR Thabrani dan Ibnu Asakir)
Nanti Saja
close-link