Jangan Jadi Pencuri dalam Shalat-Shalatmu

Tiada seorang pun yang paling bagus lagi paling sempurna ibadahnya selain Rasulullah ﷺ. Beliau adalah contoh, teladan dan ikutan, termasuk dalam shalat dan beragam ritual ibadah lainnya. Maka, kepada para sahabatnya beliau bersabda, “Shallû kamâ roaitumûnî ushallî. Shalatlah sebagaimana kalian melihat aku shalat.”

Ya, kita diperintahkan untuk mengikuti tatacara shalat beliau, baik gerakan maupun bacaannya. Dan, di antara bagian terpenting dalam shalat yang beliau contohkan adalah rukuk. Inilah bagian dari shalat yang sangat beliau ﷺ tekankan kesempurnaan dalam pelaksanaannya.

Disebutkan bahwa pada satu kesempatan, ketika tengah mengimami shalat, dengan izin Allah Ta’ala, Nabi ﷺ melihat seseorang tidak meluruskan punggungnya saat rukuk dan sujud. Maka, setelah selesai shalat, beliau memberikan nasihat:

“Wahai kaum Muslim, sungguh, tiada shalat (yang sempurna) bagi orang yang tidak meluruskan punggungnya saat rukuk dan sujud.” (HR Ibnu Majah, Ahmad dan lainnya)

Beliau ﷺ pun mengingatkan kepada orang yang tidak sempurna rukuknya, “Apabila engkau rukuk, letakkan kedua telapak tanganmu di lututmu, renggangkan jari-jari tangannya lalu diamlah sehingga setiap anggota tubuhmu menempati bagiannya (masing-masing atau rukuklah dengan tuma’ninah).” (HR Ibnu Khuzaimah)

Atau, dalam redaksi lain, beliau ﷺ bersabda, “Jika engkau rukuk, letakkan kedua telapak tanganmu di lutut, bentangkan punggungmu dan rukuklah dengan leluasa.” (HR Ahmad dan Abu Dawud)

Pada kesempatan lain, beliau ﷺ mengingatkan para sahabat tentang bahayanya rukuk dan sujud yang tidak sempurna, “Pencuri yang paling buruk adalah yang mencuri shalatnya.”

Sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana seseorang bisa mencuri shalatnya?”

Beliau menjawab, “Dia tidak menyempurnakan rukuk dan sujudnya.” (HR Ath-Thabrani dan Ibnu Abi Syaibah)

Tentu saja, Nabi ﷺ tidak sekadar mengingatkan, beliau pun memberikan contoh tentang bagaimana para sahabat melakukan rukuk dan sujud secara benar. Dan, para sahabat bisa melihatnya secara langsung ketika beliau ﷺ tengah melaksanakan shalat.

Ketika rukuk misalnya, Nabi ﷺ merenggangkan kedua siku dari lambungnya (HR At-Tirmidzi). Beliau ﷺ pun membentangkan dan meluruskan punggungnya (HR Al-Bukhari dan Al-Baihaqi).

Karena punggungnya yang lurus itu, sampai-sampai dikatakan bahwa seandainya segelas air diletakkan di atas punggung beliau, niscaya air dalam gelas tersebut tidak akan tumpah (HR Ath-Thabrani dan Ibnu Majah).

Disarikan dari Ensiklopedi Shalat, karya Syaikh Abu Abdirrahman Adil bin Sa’ad.

Semoga informasi ini bermanfaat ya

Ingin berlangganan Tausiyah Harian dari Team Tasdiqul Quran?

HUBUNGI CHAT WA : 0812.2367.9144

Informasi Program Kunjungi Situs Resmi Kami :
www.dompetamal.com
www.blog.dompetamal.com no
www.news.dompetamal.com
www.tasdiqulquran.or.id

DAPAhttps://dompetamal.com
Dompet Amal Pecinta Al-Qur’an adalah sebuah Lembaga Filantropi islam yang menghimpun dan mendistribusikan dana zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF). Guna membangun kelompok masyarakat yang unggul dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi dan kesehatan melalui program Sahabat Dhuafa, Sahabat Dai, Sahabat Guru, Sahabat Petani, Sahabat Yatim Dhuafa, Sahabat Jompo, Sahabat Santri, Sahabat Pelajar dan Sahabat Difabel. Perjalanan dakwah dan syiar agama islam sejak pertama kali tahun 2015, kami telah menerima dan membagikan titipan wakaf Al-Qur’an dari para jamaah kepada pihak-pihak yang layak menerimanya, terutama pesantren, madrasah, sekolah umum, dan majelis ta’lim. Alhamdulillah ada tahun 2017 pada bulan Desember telah tersebar IQro sebanyak 3218 buku dan Mushaf Al-Qur’an sebanyak 18.204 eksemplar meliputi ; Al-Qur’an dengan terjemah, Al-Qur’an terjemah perkata dalam berbagai ukuran dan Mushaf Full Bahasa Arab, sedangkan pada tahun 2018 bulan desember tersebar Al-Qur'an sebanyak 7.225 eks dan Iqro sebanyak 150 buku. Kemudian pada tahun 2019 tersebar Al-Qur'an sebanyak 7.325 eks dan iqro sebanyak 327 buku. Alhamdulillah dari tahun 2017 hingga tahun 2022 telah tersebar 43.273 yang terdiri dari Al-Qur'an dan buku IQRO ke wilayah pulau jawa diantaranya daerah Jawa Barat, Gresik Jawa timur, Jabodetabek, Pekanbaru Riau, Aceh, Lampung, Banten, Palu, Papua, Banjarmasin, Pontianak, NTT, Bangka Belitung, Lombok, Ambon, dan Bali. Barang yang diwakafkan disalurkan hampir sebanyak 530 lembaga diantaranya ke pesantren, majelis ta'lim, madrasah, TPA dan sekolah umum. “VISI” : “Menjadi Lembaga Amil Penebar Beasiswa Terpercaya dan Terbesar di indonesia untuk membangun Generasi yang Unggul” "MISI" : •Mengelola manajemen zakat, infak, sedekah dan wakaf yang sesuai prinsip syariah dan peraturan negara •Mengembangkan program Dakwah dan Sosial untuk Ummat •Memberdayakan Mustahik dalam bidang Ekonomi •Membangun generasi beasiswayang Unggul MOTTO : "Sahabat Anda dalam Berbagi"

Selamat datang, di website kami. Silahkan Tinggalkan Pesan...

Advertismentspot_img
Advertismentspot_img
Advertismentspot_img
Advertismentspot_img

Blog Terbaru

Bolehkah Berqurban 1 Kambing untuk Satu Keluarga?

Jumhur ulama menghukumi kurban sebagai ibadah sunnah mu'akadah. Dan, ada dua jenis kesunahan dalam ibadah kurban, yaitu sunnah kifayah an sunnah 'ainiyah. Berkurban satu kambing...

Udhiyah, Kenalkah Anda dengan Istilah Ini?

Tahukah Anda bahwa dalam bahasa Arab, hewan yang dikurbankan, baik itu dari jenis unta, sapi, domba atau kambing, sebagai pendekatan diri kepada Allah dinamakan...

Siap-Siap Ibadah Qurban Segera Datang!

Setelah Ramadhan, terbitlah Syawal. Setelah Syawal, datanglah dua bulan haram Zulqi'dah dan Zulhijjah. Ini artinya, idul kurban tinggal dua bulan lagi. Yuk kita bersiap untuk...

SUDAHKAH ANDA SEDEKAH HARI INI?

"Sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah Ilahi"
(HR Thabrani dan Ibnu Asakir)
Nanti Saja
close-link