Belajar Beramal kepada Abu Khair

Ada seorang perawi hadits asal Mesir. Abu Khair namanya. Dia adalah salah seorang periwayat hadits yang istiqamah dalam mengamalkan hadits yang diriwayatkannya.

Salah satunya adalah hadits tentang sedekah sebagai naungan seorang hamba pada hari Kiamat. Imam Ahmad berkata di dalam Al-Musnad (4/147-148):

“… dari Yazid bin Abi Habib, dia berkata bahwa Abu Al-Khair berkata kepadanya bahwa dia mendengar Uqbah bin Amir ra. berkata bahwa Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda,

كُلُّ امْرِئٍ فِي ظِلِّ صَدَقَتِهِ حَتَّى يُفْصَلَ بَيْنَ النَّاسِ – أَوْ قَالَ: يُحْكَمَ بَيْنَ النَّاسِ

“Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya sehingga diutuskan di antara manusia. Atau dia berkata, ‘Ditetapkan hukuman di antara manusia’.”

Terkait hal ini Yazid bin Abi Habib berkata, “Abu Al-Khair tidak pernah dilewati satu hari pun melainkan dia bersedekah padanya dengan sesuatu walau berupa sepotong kue atau bawang merah atau semisalnya.”

Gambaran yang lebih jelas tentang Abu Al-Khair disampaikan oleh Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya (2432). Disebutkan bahwa Abu Al-Khair adalah adalah penduduk Mesir yang pertama kali masuk ke dalam masjid.

Tidaklah dia memasuki masjid melainkan di lengan bajunya terdapat bawaan sedekah. Bisa jadi berupa uang roti, gandum, bahkan dia pernah membawa bawang merah.

Saat ditanyakan kepadanya, “Wahai Abu Al-Khair, sesungguhnya ini (bawang merah) membuat bajumu berbau busuk.” Dia menjawab, “Aku tidak mendapatkan di rumah sesuatu yang bisa disedekahkan selainnya (selain bawang ini).”

Abu Al-Khair lalu berkata, “S

Bersihkan harta kita dengan tunaikan Zakat,
An. Yayasan Tasdiqul Quran, Cab. Setyabudi Bandung
ZAKAT
– BSI : 723.444.5558

📲 Konfirmasi Donasi : wa.me/6282130300121

Informasi Program Kunjungi Situs Resmi Kami :
www.dompetamal.com
www.blog.dompetamal.com
www.news.dompetamal.com
www.tasdiqulquran.or.id

DAPAhttps://dompetamal.com
Dompet Amal Pecinta Al-Qur’an adalah sebuah Lembaga Filantropi islam yang menghimpun dan mendistribusikan dana zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF). Guna membangun kelompok masyarakat yang unggul dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi dan kesehatan melalui program Sahabat Dhuafa, Sahabat Dai, Sahabat Guru, Sahabat Petani, Sahabat Yatim Dhuafa, Sahabat Jompo, Sahabat Santri, Sahabat Pelajar dan Sahabat Difabel. Perjalanan dakwah dan syiar agama islam sejak pertama kali tahun 2015, kami telah menerima dan membagikan titipan wakaf Al-Qur’an dari para jamaah kepada pihak-pihak yang layak menerimanya, terutama pesantren, madrasah, sekolah umum, dan majelis ta’lim. Alhamdulillah ada tahun 2017 pada bulan Desember telah tersebar IQro sebanyak 3218 buku dan Mushaf Al-Qur’an sebanyak 18.204 eksemplar meliputi ; Al-Qur’an dengan terjemah, Al-Qur’an terjemah perkata dalam berbagai ukuran dan Mushaf Full Bahasa Arab, sedangkan pada tahun 2018 bulan desember tersebar Al-Qur'an sebanyak 7.225 eks dan Iqro sebanyak 150 buku. Kemudian pada tahun 2019 tersebar Al-Qur'an sebanyak 7.325 eks dan iqro sebanyak 327 buku. Alhamdulillah dari tahun 2017 hingga tahun 2022 telah tersebar 43.273 yang terdiri dari Al-Qur'an dan buku IQRO ke wilayah pulau jawa diantaranya daerah Jawa Barat, Gresik Jawa timur, Jabodetabek, Pekanbaru Riau, Aceh, Lampung, Banten, Palu, Papua, Banjarmasin, Pontianak, NTT, Bangka Belitung, Lombok, Ambon, dan Bali. Barang yang diwakafkan disalurkan hampir sebanyak 530 lembaga diantaranya ke pesantren, majelis ta'lim, madrasah, TPA dan sekolah umum. “VISI” : “Menjadi Lembaga Amil Penebar Beasiswa Terpercaya dan Terbesar di indonesia untuk membangun Generasi yang Unggul” "MISI" : •Mengelola manajemen zakat, infak, sedekah dan wakaf yang sesuai prinsip syariah dan peraturan negara •Mengembangkan program Dakwah dan Sosial untuk Ummat •Memberdayakan Mustahik dalam bidang Ekonomi •Membangun generasi beasiswayang Unggul MOTTO : "Sahabat Anda dalam Berbagi"

Selamat datang, di website kami. Silahkan Tinggalkan Pesan...

Advertismentspot_img
Advertismentspot_img
Advertismentspot_img
Advertismentspot_img

Blog Terbaru

Mengapa Sedekah Terasa Berat?

Mengapa sedekah terasa susah? Mengapa infak bawaannya berat? Padahal, untuk hobi, gaya hidup, dan kesenangan, orang sangat mudah mengeluarkan hartanya? Jawabannya terungkap dalam surat Al-Baqarah...

Memancing Rezeki dengan Sedekah

Nabi ﷺ pernah berseru, "Istanzilu rizqa shadaqati. Hendaklah kalian mencari rezeki dengan bersedekah". Sekilas, redaksi hadits ini sangat membingungkan. Bagaimana mungkin sedekah akan menambah...

Istiqomah dalam Sedekah, Tanpa Komitmen Seorang Muslim kepada Rabb-Nya

Setiap shalat kita senantiasa berjanji bahwa sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanya untuk Allah. Jujurkah perkataan ini atau hanya sekadar basa basi? Kejujuran dan...

SUDAHKAH ANDA SEDEKAH HARI INI?

"Sedekah rahasia (tersembunyi) itu memadamkan amarah Ilahi"
(HR Thabrani dan Ibnu Asakir)
Nanti Saja
close-link